5 Dalil Mengapa Anak Butuh Mendapatkan Pendidikan Seks Semenjak Dini

Hasil gambar untuk 5 Alasan Kenapa Anak Perlu Pendidikan Seks

Memberikan pendidikan seks guna anak adalah hal penting. Sayangnya, tidak sedikit orang tua menghindarinya, sebab masih memandangnya sebagai urusan yang tabu. Pilihan laksana ini pasti bisa berpengaruh  buruk terhadap anak.

Di era digital, besar kemungkinannya anak akan menggali informasi seputar seks via internet. Padahal, informasi itu belum pasti benar. Bahkan, beberapa besar ingin menyesatkan. Kalau anak telah terlanjur menyerap informasi seks yang keliru dari internet, urusan ini bisa merusak pola pikir dan mentalitasnya.

Karena itu, Anda butuh memberikan pendidikan seks untuk anak semenjak dini. Anak lebih baik menemukan pengetahuan dasar mengenai seks dari rumah. Hal ini penting, supaya anak mempunyai pijakan yang kuat ketika berhadapan dengan informasi yang menyesatkan. Dengan demikian, anak dapat menyaring informasi tentang seks yang ia bisa dari teman, lingkungan sekitar, bahkan internet.

Di samping itu, terdapat beberapa dalil lain kenapa anak butuh mendapatkan pendidikan seks. Apa saja dalil tersebut?

1. Agar anak tidak terkejut saat menginjak usia pubertas

Ada sekian banyak  perubahan yang terjadi pada jasmani anak saat menginjak usia pubertas. Hal ini terkadang menciptakan anak terkejut. Misalnya, anak perempuan merasakan menstruasi kesatu kali, atau anak laki-laki kali kesatu kali mimpi basah. Agar anak bisa menerima evolusi ini dengan mudah, orang tua perlu menyerahkan pengetahuan mengenai seks (termasuk tentang pubertas) semenjak dini.

2. Memenuhi rasa hendak tahu anak dengan teknik yang tepat

Anak mempunyai rasa hendak tahu yang tinggi, lagipula saat menginjak usia remaja. Di sini, peran pengetahuan seks sangat urgen untuk menghilangkan rasa penasaran anak. pengetahuan seks pun dapat menjadi bekal untuk anak guna menyaring sekian banyak  informasi seks yang simpang-siur di luar sana.

3. Mencegah anak melakukan kegiatan seksual yang tidak benar

Banyak anak umur remaja melakukan kegiatan seksual sebelum menikah. Kebanyakan dari mereka mengerjakan hal ini guna ajang coba-coba, atau terpengaruh yang tidak sehat. Bila sudah mendapatkan pengetahuan seks semenjak dini, anak pasti dapat menghindari kegiatan seksual sebelum menikah.

4. Mencegah kehamilan umur dini

Angka kehamilan umur dini semakin meningkat. Hal ini diakibatkan oleh pergaulan bebas pada remaja. Kadang, semua remaja mengerjakan hubungan seksual sebelum menikah tanpa memahami konsekuensi dari tindakan tersebut, laksana kehamilan. Hal ini juga tidak sedikit dipengaruhi oleh sekian banyak  media yang menggiring pola pikir anak untuk kehidupan seks bebas. Fakta ini menjadi bukti betapa urgen memberikan pendidikan seks untuk anak semenjak dini.

5. Menyadarkan anak tentang mengawal organ reproduksi

Anak pun perlu tahu perihal menjaga kesucian dan kesehatan organ reproduksi. Sebab, semakin umur anak bertambah, semakin dia perlu mencuci organ kelaminnya sendiri. Anak pun perlu tahu mengenai betapa penting mengawal organ kelamin, supaya tidak disentuh oleh orang lain.

Jadi, itulah beberapa dalil mengapa anak butuh mendapatkan pendidikan seks semenjak dini. kita dapat menyerahkan pengetahuan mengenai seks secara bertahap dengan teknik yang tepat. Anda barangkali merasa risih ketika mengawalinya. Namun, ini lebih baik, daripada anak tersesat dan terjerumus ke pergaulan bebas di lantas hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *