Cara Melancarkan Haid Secara Alami

7 Olahraga Saat Haid yang Dianjurkan dan Masih Diperbolehkan, Coba Aja

Seperti yang sudah diketahui bahwa pada wanita dewasa yang normal biasanya akan mengalami menstruasi 12-13 kali dalam satu tahun. Namun kadang ada juga wanita yang mengalami masa haidnya tidak nomal alias tidak teratur. Sehingga menyebabkan wanita tersebut jarang mendapatkan haid atau sebaliknya. Kondisi tersebut sangat berbeda-beda pada wanita, namun aturan siklus haid yang paling normal adalah 26-28 hari. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya perubahan berat badan. Dalam hal ini,  perubahan berat badan, dengan naik atau turunnya berat badan secara dratis dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Biasanya, siklus menstruasi yang tidak teratur terjadi pada seseorang yang sedang mengalami gangguan pola makan. Sehingga, perubahan berat badan ekstrem ini berkurang atau justru bertambah banyak yang bisa mengganggu kerja hormon reproduksi dalam tubuh. 

Sebagai contohnya, penurunnan berat badan yang drastis akan menyulitkan tubuh untuk memprroduksi hormon estrogen yang cukup dan berguna dalam proses ovulasi. Sementara itu, untuk penambahan berat badan akan berakibat pada melonjaknya kadar estrogen yang berpengaruh pada siklus menstruasi anda. Lalu bagaimana cara melancarkan haid? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya. 

  1. Istirahat Yang Cukup

Pikiran yang kacau yang membuat stres dan tentunya akan membuat fisik terasa lelah akan mengacaukan siklus haid normal anda. Dimana, siklus haid anda bisa datang dengan lebih cepat atau sebaliknya, bahkan bisa terjadi dua kali dalam satu bulan. Dan salah satu cara efektif untuk mengatasi stres ini adalah istirahat yang cukup. Sehingga dengan istirahat ini maka tubuh anda akan mengalami pemulihan. Anda juga harus mengehentikan kebiasaan buruk seperti begadang ketika sudah mengalami siklus haid yang tidak lancar.

  1. Konsumsi Vitamin D

Cara melancarkan haid berikutnya adalah dengan mengonsumsi vitamin D. Karena dengan mengonsumsi vitamin D akan membantu anda menyerap kalsium dalam usus, sehingga hal ini sangat bagus untuk kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D juga memiliki manfaat lain, yakni sebagai pengatur ovulasi supaya terjadi dengan teratur. Dalam hal ini, menurut Journal of Reproductive Biology and Endocrincology vitamin D rendah memiliki dampak pada haid yang tidak teratur. Selain itu, sebuah penelitian juga mencatat suplemen vitamin D, metformin dan kalsium jika dikombinasikan dapat memperlancar haid wanita. 

  1. Mulai Gaya Hidup Sehat

Cara melancarkan haid selanjutnya adalah dengan memulai menerapkan gaya hidup yang sehat. Dengan gaya hidup yang sehat, maka tubuh anda pun akan lebih sehat termasuk memperbaiki siklus haid anda. Gaya hidup sehat ini adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat serta melakukan olahraga secara teratur. Kedua hal ini memang sangatlah penting, namun hal ini juga harus dibarengi dengan menghilangkan kebiasaan buruk, seperti merokok, minuman beralkohol, mengonsumsi kafein, begadang, dan kebiasannya buruk lainnya. Karena kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut telah terbukti dapat mengganggu jadwal siklus haid seorang wanita. 

  1. Memperbanyak Minum Air Mineral (Air Putih) 

Air mineral ini dipercaya sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk membuat siklus haid menjadi lancar. Sebab air putih ini bisa menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Nah, metabolisme tubuh ini ada kaitannya dengan siklus haid pada wanita. Dimana, metabolisme yang lancar akan membuat haid anda juga menjadi lancar.  

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang cara melancarkan haid secara alami, semoga bermanfaat khususnya bagi anda para wanita. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *