Beberapa Tips Untuk Berbisnis Kuliner

Andrea Peresthu di Balik Suksesnya Bisnis Kuliner Javanegra Gourment

Tentusaja kalian sebelum memulai suatu usaha, kalian pasti memikirkan usaha apa yang akan dibawa dan jualan apa yang akan dilakukan. Jika kalian menginginkan yang memang tidak akan tertinggal tren dan bisa bertahan lama tentu saja kalian bisa memilih bisnis kuliner. Melakukan bisinis kuliner memang mampu bertahan di tengah gempuran tren luar negeri. Dan tentu saja kualitas makanan kalian dan minuman kalian yang disajikan harus memiliki kualitas dan memiliki ciri tersendiri. Dan memang berbisnis kuliner sendiri menjadi bisnis yang menggiurkan. Bagi kalian yang ingin mejalankan bisnis kuliner berikut beberapa cara berbisnis kuliner.

  1. Modal yang diperlukan

Seperti menjalankan bisnis lainya, bisnis kuliner juga untuk memulainya membutuhkan sebuah modal juga. Yang dimana seberapa besar bisnis yang akan kalian rintis akan menentukan jumlah modal yang akan keluarjuga. Jika kalian ingin langsung ke dalam industry restoran tentu saja modal yang diperlukan berbeda, dengan modal jika kalian ingin membuka sebuah warung makan biasa. Memang setiap bisnis kuliner yang kalian geluti tergantung bada modal kalian punya.

  1. Lokasi Usaha

Memang untuk usaha kuiner memang membutuhkan lokasi yang strategis dan dimana sering banyak orang datang. Saat menentukan lokasi usaha juga harus memperhitungkan modal yang akan keluar untuk menyewa tempat. Dan jangan sampai modal kalian terkuras hanya untuk menyewa atau membei tempat usaha. Kalian juga bisa melakukan usaha kuliner tanpa mempunyai tempat usaha dengan menitipkan produk usaha kalian dengan memilih ke okasi strategis atau tempat usaha mitra kalian.

  1. Tentukan Kuliner Apa Yang Akan di Bawa

Bisnis kuliner memang luas dan banyak juga orang-orang yang sudah melakukana duluan. Dan di Indonesia sendiri tumbuh subur dari berbagai jenis kuiner yang menjajakan aneka jenis kuliner dari berbagai daerah atau kuliner dari internasional. Ada baiknya juga kalian tentukan terlebih dahulu kuliner apa yang akan kalian jual, mau kuliner mancanegara atau kalian akan menjual kuliner local, kalian juga bisa memilih mau menjual makanan berat atau hanya menjual makanan ringan untuk oleh-oleh. Kalian harus pintar kuliner apa yang kalian ingin jual.

  1. Rasa Dari Menu Yang Kalian Tawarkan

Di kuliner bukan hanya teknis saja, citra rasa pada menu yang kalian tawarkan sangatlah penting. Dan memang pada akhirnya sebuah citra rasa lah yang membuat orang akan kembali lagi dan lagi ketempat makanan kalian. Jika kalian menyajikan makanan dengan rasa yang biasa, lokasi kurang strategis maka usaha kalian tidak akan berumur Panjang. Dan jika kalian ingin mendirikan bisnis kuliner yang menguntungkan kalian juga harus memperhatikan betul kualitas rasa pada makanan kalian, dan kalian juga bisa melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum menjualna ke orang terdekat kalian dahulu , dan jika kalian sudah mendapatkan celahnya dan cocok kaian bisa diperjualkanya.

  1. Perizinan Usaha Kuliner Kalian

Demi keamanan dan kenyaman usaha kalian, pastikan kalian mengurus surat izin dari instansi pemerintahan atau pihak yang berwenag di daerah setempat. Dan pastikan kalian mendatangi ke dinas perizinan di daerah kalian untuk mengurus perizinan bisnis kuliner kalian, jika bisnis kalian sudah besar, maka jangan lupa untuk membuat NPWP serta sertifikat halal jika memang target pasar kalian adalah bagi yang mayoritas muslim, untuk menghindari masalah yang akan terjadi di kemudian hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *