Cara Membuat Bubur Candil Yang Enak

Resep Membuat Bubur Candil Pandan yang Nikmat Disantap Saat Bersantai

Makanan tradisional memang selalu dirindukan, sehingga membuat makanan tradisional selalu laris. Makanan tradisional juga mempunyai keunikan masing-masing. Salah satunya adalah bubur candil. Bubur candil yang khas dengan bulat-bulat ini mempunyai rasa manis, dengan gula merah dan santan menjadikan rasa gurih dan manis bersatu jadi rasa yang enak sekali. Bubur candil ini memang sudah agak sulit ditemui di daerah lain kecuali di Jawa. Namun anda bisa lho membuatnya sendiri di rumah. Bubur candil bisa anda simpan di kulkas juga sehingga tahan lama. Nah, berikut cara mmbuat bubur candil yang enak.

  1. Bubur Candil Original

Bahan yang anda siapkan pertama kali adalah bahan untuk membuat bola ketannya. Bahan yang dibutuhkan untuk bola ketan adalah 60 gram tepung tapioca, 250 tepung ketan, ½ sendok teh garam, air dingin. Kemudian bahan untuk kuah gula merahnya adalah gula merah sebanyak 300 gram, 1 ½ air biasa, haun pandan 2 lembar, larutan tepung beras yang diberikan air. Selanjutnya bahan untuk kuah santannya adalah santan 650 cc, daun pandan 3 lembar, dan garam ¾ sendok teh.

Cara membuat bubur candil original ini adalah dengan mencampurkan tepung tapioca, tepung ketan dan berikan air dikit demi sedikit hingga kenyal, setelah itu jangan lupa garamnya. Setelah kenyal, bentuk menjadi bulat-bulat kecil. Sisihkan dahulu, dan masak gula merah dengan air dan daun pandannya. Setelah itu masukkan bola-bola ketan tadi ke dalam air gula merahnya. Kemudian masukkan larutan tepung beras tadi. masak hingga matang dan kemudian sisihkan dalam mangkuk. Kemudian buat kuah santanya dengan mendidihkan santan dan air. Tambahkan daun padan dan garam. Setelah matang, masukkan pada bubur candil gula merah tadi. Makan selagi hangat atau makan saat dingin dengan es di siang hari.

  1. Bubur Candil Ubi Ungu

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur candil ubi ungu ini hampir mirip dengan bubur candil original. Perbedaan ada pada bahan utamanya yang diganti dengan ubi ungu. Jadi bahan yang dibutuhkan untuk membuat bola ubiny adalah ubi ungu 3 buah, tepung tapioca, garam dan juga air. Untuk air gula merahnya adalah gula merah, daun pandan dan juga air. Sedangkan kuah santanya adalah santan kelapa kara, air dan juga garam.

Sekarang anda rebus dahulu ubi ungunya hingga matang. Setelah itu anda penyek-penyek dengan gelas atau alat apa saja. Setelah hancur ubi ungunya. Masukkan tepung tapioca sedikit demi sedikit hingga adonannya kenyal. Garam juga berikan. Nah, setelah adonannya kenyal, bulat-bulatkan ubinya jadi candil. Setelah itu rebus di air rebusan dan tiriskan dahulu. Selanjutnya masak gula merah dengan air dan berikan daun pandan sesuai selera. Setelah itu masukkan candil ungunya. Matikan apinya dan sisihkan dalam mangkuk. Buat kuah santan dengan memasak air dan santan serta garamnya. Setelah matang masukkan pada bubur candil ungu gula merah tadi.

Kedua resep bubur candil di atas memang hanya diganti bahan utamanya ya? Namun rasa yang dimiliki hampir mirip karena kuahnya sama. Kecuali waktu mengigit candil yang bulat-bulat itu pasti beda jauh. Jika anda suka rasa ubi ungu, anda wajib buat bubur candil ubi ungu. Nah, anda juga memasukkan pelengkap lainnya di bubur candil seperti bubur Mutiara pink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *