4 Doa Untuk Orang Meninggal Yang Bisa Anda Baca

Baca 3 Doa Ini Agar Terhindar dari Wabah Virus Corona

Setiap umat Islam diperkenankan untuk memanjatkan doa ketika ada orang yang meninggal, baik laki – laki ataupun perempuan. Sebab, setiap ada pertemuan di muka bumi ini tentu selalu beriringan dengan kata perpisahan.

Apalagi jika orang yang meninggal dunia itu adalah orang yang sangat Anda cintai misalnya orangtua, saudara, ataupun teman. Tidak ada lagi yang bisa Anda lakukan selain mendoakannya. Selain memberi bantuan doa kepada orang yang telah meninggal dunia, bacaan ini juga akan mengingatkan Anda bahwa kelak suatu saat Anda pun akan menyusul mereka yang telah tiada.

Lalu, doa seperti apa yang bisa kita baca ketika ada orang yang meninggal? Berikut dibawah ini 4 doa untuk orang meninggal yang bisa Anda baca :

  1. Doa Untuk Orang Meninggal Ketika Pertama Kali Mendengar Kabar Duka

Bacaan Latin : “Innalillahi wa innaa ilaihi raaji’uun”

Artinya : “Sesungguhnya semua ini hanyalah milik Allah, dan hanya kepada-Nya kami kembali.”

  1. Doa Untuk Orang Meninggal Berjenis Kelamin Laki – Laki

Bacaan Latin : “ALLAHUMMAGHFIR LAHU WARHAMHU WA ‘AAFIHI AA ‘FU ‘ANHU WA AKRIM NUZULAHU WA WASSI’ MADKHALAHU, WAGHSILHU BIL MAA I WATS-TSALJI WALBARODI WA NAQQIHII MINAL KHATHAA YA KAMAA YUNAQQATS-TSAWBUL ABYADHU MJNAD DANAS. WA ABDILHU DAARAN KHAIRAN MIN DAARIHII WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLIHII WA ZAWJAN KHAIRAN MIN ZAWJIHI, WA ADKHILHUL JANNATA WA A ‘IDZHU MIN ‘ADZAABIL QOBRI WA FITNATIHI WA MIN ‘ADZAABIN NAAR.”

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukannlah dia kedalam surga, dan lindungilah dia dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

  1. Doa Untuk Orang Meninggal Berjenis Kelamin Perempuan

Bacaan Latin : “ALLAHUMMAGHFIR LAHA WARHAM HA WA ‘AAFIHI HA WA‘FU ‘ANHA WA AKRIM NUZULA HA WA WASSI’ MADKHOLA HA WAGHSIL HA BIL MAA-I WATS-TSALJI WALBARODI WA NAQQI HA MINAL KHOTHOOYAA KAMAA YUNAQQOTS-TSAUBUL ABYADLU MINAD DANASI. WA ABDIL DAARON KHOIRON MIN DAARI HA WA AHLAN KHOIRON MIN AHLI HA WA ZAUJAN KHOIRON MIN ZAOJI, HA WA ADKHIL HAL JANNATA WA ‘AIDZ HA MIN ‘ADZAABIL QOBRI WA FITNATIHI WA MIN ‘ADZAABIN NAAR.”

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, lebih baik dari yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukannlah dia kedalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

  1. Doa Untuk Orangtua Yang Sudah Meninggal

Bacaan Latin : “RABBIGHFIR LI, WA LI WALIDAYYA, WARHAM HUMA KAMA RABBAYANI SHAGHIRA.”

Artinya : “Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku diwaktu aku kecil.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *