Bedanya Chromebook dan Laptop, Mana yang Cocok Buat Kerja?

Memilih komputer jinjing yang pas buat kerja, bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Mulai dari spesifikasinya, harganya, bujet yang kita punya, cara bayarnya (tunai, kartu kredit, cicilan tanpa kartu kredit, dll), hingga jenis dari komputer jinjing itu sendiri. 

Di pasaran, ketika kita mencari rekomendasi laptop, Chromebook adalah salah satu jenis yang akan keluar dalam pencarian. Secara fisik, Chromebook dan laptop tidak memiliki perbedaan. Hanya saja, Chromebook merupakan tipe laptop yang memiliki sistem operasi ChromeOS dari Google. Sementara laptop, biasanya memiliki tiga sistem operasi yaitu Windows, MaxOs, dan Linux. 

Selain itu, Chromebook juga memiliki fitur pengimpanan cloud untuk semua aplikasi dan dat. Berbeda dengan laptop yang menggunakan fitur penyimpanan internal dan eksternal. Secara lebih lanjut, Chromebook dan laptop juga memiliki perbedaan di berbagai aspek lainnya. Buat kamu yang lagi bingung mau beli Chromebook atau laptop, yuk simak ulasan berikut ini. 

 

Pilihan Tipe Chromebook vs Laptop

Dibandingkan laptop dengan sistem operasi Windows, MacOs, atau Linux, pilihan tipe Chromebook lebih terbatas. Meski demikian, berbagai brand gadget dan elektronik ternama seperti Samsung dan ASUS kini sudah memiliki Chromebooknya masing-masing dengan desain dan spesifikasi yang menarik. 

Ada Samsung Chromebook Plus yang memiliki ukuran layar 12,3 inch dan RAM 4GB dengan harga Rp 6 jutaan. Ada juga ASUS Chromebook Flip C434 dengan layar 14 inch yang layarnya bisa diputar hingga 360 derajat, RAM 8GB, prosesor Intel Core i5, dan eMMC 128GB yang dibanderol dengan harga Rp 7 jutaan. 

Sementara laptop, jenisnya lebih bervariasi. Mulai dari yang spesifikasinya rendah sampai yang flagship atau gaming

 

Spesifikasi Chromebook vs Laptop

Seperti halnya MacOS untuk MacBook dan iMac, Chrome OS pada Chromebook eksklusif digunakan untuk menjalankan aplikasi atau layanan Google saja. Jika kamu membutuhkan aplikasi atau layanan lainnya di luar Google untuk mendukung pekerjaan, maka Chromebook tidak bisa mendukung aktivitas tersebut. 

Selain itu, Chromebook biasanya tidak memiliki spesifikasi yang beragam seperti laptop. Umumnya, Chromebook menggunakan prosesor dual core dengan penyimpanan eMMC. Ini disebabkan oleh penggunaan cloud sebagai penyimpanannya sehingga Chromebook tidak memiliki ruang penyimpanan yang besar. 

Untuk kamu yang ingin menjalankan aplikasi editing foto dan video skala berat, Chromebook kurang bisa memfasilitasi hal tersebut. Kalau skalanya ringan, Chromebook bisa jadi opsi yang cukup baik. 

 

Fitur & fungsi Chromebook vs Laptop

Terkait dengan spesifikasinya, antara Chromebook dan laptop tentunya juga memiliki perbedaan fitur dan fungsinya. Salah satu contohnya adalah penggunakan layanan Microsoft Office atau Adobe. Di Chromebook, dua aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan. Meski begitu, kamu tetap bisa mengunduh aplikasi Microsoft office dan Adobe di Google Play Store atau Chromebook. Hanya saja, fiturnya tidak selengkap jika kamu menggunakan & subscribe layananya di laptop non chromebook. 

Dengan spesifikasi dan contoh fitur di atas, bisa dibilang, Chromebook lebih cocok digunakan bagi kamu yang memiliki aktivitas ringan seperti hanya untuk browsing, gaming, blogging, streaming, dan sejenisnya. Jika kamu memiliki aktivitas yang cukup banyak melibatkan berbagai aplikasi atau dokumen, laptop adalah pilihan yang tepat. 

 

Akses Internet di Chromebook vs Laptop

Di Chromebook, akses internet adalah hal yang wajib ada agar kamu bisa beraktivitas atau bekerja. Sebab, Chromebook memang sudah didesain untuk bergantung dengan koneksi internet. Tanpa adanya internet, banyak aplikasi yang tidak bisa berfungsi. Tapi, jangan khawatir, beberapa tipe Chromebook juga sudah menyediakan berbagai aplikasi yang bisa digunakan offline seperti gmail atau Google Drive. 

Sementara laptop, tidak harus selalu terhubung ke internet. Terlebih jika kamu bekerja menggunakan Microsoft Words atau Microsoft Exel misalnya yang bisa diakses kapan saja tanpa perlu koneksi internet.

 

Perbandingan harga Chromebook vs Laptop

Dari sisi harga, Chromebook dan laptop sama-sama memiliki kisaran sesuai jenisnya. Semakin tinggi spesifikasi Chromebook (eMMC besar, genrasi Intel Core terbaru, dll), akan semakin mahal harganya. Begitu pun sebaliknya, makin minimalis spesifikasinya, harganya akan semakin murah. 

Samsung Chromebook 4+ dan Google Chromebook Pixel C adalah dua tipe Chromebook yang dibanderol dengan harga cukup tinggi, yaitu masing-masing muai Rp 10 jutaan dan Rp 12 jutaan. Harga yang tinggi ini didukung juga dengan desain dan tampilan yang ciamik. Salah satu contohnya adalah keyboard yang bisa dibongkar-pasang, layar sentuh, dan layar yang bisa diputar 360 derajat untuk memudahkan penggunaan. 

 

Beli Chromebook atau laptop, bisa pakai cicilan tanpa kartu kredit!

Buat kamu yang sudah menentukan, mau beli Chromebook atau laptop terutama dengan cara cicilan, kamu bisa menggunakan layanan cicilan tanpa kartu kredit dari Kredivo, nih. Khususnya jika Chromebook atau laptop yang kamu inginkan memiliki harga cukup tinggi. Dengan cicilan, pembelian Chromebook ataulaptop jadi lebih ringan dan bisa memperlancar cashflow. 

Kenapa Kredivo? Bukan cuma gampang daftar dan ngajuin cicilannya, Kredivo juga punya opsi cicilan tanpa kartu kredit dengan bunga 0% khusus untuk tenor 30 hari dan 3 bulan. Selain itu, nggak ada uang muka juga yang akan dibebankan ke kamu. Kalo kamu pengen nyicil dengan tenor lebih panjang, yaitu 6 bulan atau 12 bulan, Kredivo juga ada opsinya. Bunganya juga rendah, cuma 2,6% per bulan tanpa uang muka. 

Di mana bisa cicilan laptop atau chromebook tanpa kartu kredit? Kalau pakai Kredivo, kamu bisa cicil lewat Tokopedia, Lazada, JD.id, Bhinneka, Blibli, dan juga merchant offline seperti Electronic City. Gimana, tertarik coba?

Daftar Kredivo langsung lewat aplikasinya. Download di Google Play Store atau App Store, ya! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *