4 Kisah Istimewa Yang Ada Pada Surat Al Kahfi

5 Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Setiap Hari Bagi Umat Muslim

Surat Al Kahfi banyak diketahui umat muslim sebagai surat yang dapat menyelamatkan kita dari fitnah Dajjal ada juga cerita menarik yang perlu kita ketahui. Selain kita diwajibkan untuk menghapal surat Al Kahfi, ternyata surat ini memiliki cerita tersendiri mengenai hal tersebut. Ada 4 kisah atau cerita yang dijelaskan dalam surat Al Kahfi. Berikut penjelasannya.

Pernah bertanya-tanya mengapa Nabi Muhammad (SAW) meminta kita untuk membaca Surat Al-Kahfi setiap hari Jumat?

Surah ini memiliki Empat cerita di dalamnya, memiliki beberapa moral, mari kita lihat dan pahami apa yang mereka katakan kepada kita:

1) Orang-orang Gua

Seperti arti dari surat Al Kahfi yakni Para Penghuni Gua, cerita pertama menjelaskan tentang bagaimana kisah parah 7 pemuda yang bersembunyi di gua hingga tertidur dan terbangun selama 309 tahun lamanya. Ini adalah kisah pemuda yang tinggal di kota kafir, sehingga mereka memutuskan untuk berhijrah demi Allah dan melarikan diri. Ketujuh pemuda tersebut dikejar oleh tentara dari wilayah tersebut karena mereka mempertahankan keimananya. Maka dari itu, Allah mengganjar mereka dengan rahmat di dalam gua, perlindungan dari matahari hingga akhirnya mereka tertidur sampai bertahun-tahun Mereka bangun dan menemukan seluruh penduduk desa yang kini percaya dengan Allah. Pesan moral dari cerita tersebut adalah keteguhan iman seseorang yang dapat diuji.

Allâh Azza wa Jalla berfirman:

إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ آمَنُوا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَاهُمْ هُدًى

“Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Rabb mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk.” [Al-Kahfi/18:13]

 

 

2) Pemilik Dua Kebun

Kisah ini disebutkan dalam Alquran surah Al-Kahfi ayat 32 hingga ayat 43. Menceritakan tentang pemilik kebun yang dibutakan oleh kenikmatan dunia sampai mengingkari hari kiamat. Sebuah kisah tentang seorang laki-laki yang dikaruniai Allah dengan dua taman yang indah, namun laki-laki itu lupa bersyukur kepada Yang Maha Esa yang telah memberinya segala sesuatu dan dia bahkan berani meragukan Allah tentang akhirat. Jadi kebunnya hancur – Dia menyesal, tetapi sudah terlambat dan penyesalannya tidak menguntungkannya. Pesan moral yang disampaikan oleh kisah ini adalah ketika kita diuji dengan kenikmatan jangan lupa untuk selalu bersyukur, karena segala sesuatu adalah titipan dari Allah, dan hanya pada -Nya lah kita kembali.

 

3) Kisah Nabi Musa (AS) dan Nabi Khidir (AS)

Ketika Nabi Musa (AS) ditanya-“Siapakah penduduk bumi yang paling berpengetahuan?”” Musa (AS) berkata: Aku…, tetapi Allah mengungkapkan kepadanya bahwa ada seseorang yang lebih tahu darinya. Nabi Musa (AS) melakukan perjalanan ke orang itu dan belajar bagaimana Kebijaksanaan Ilahi kadang-kadang dapat disembunyikan dalam hal-hal yang kita anggap buruk. Nabi Khidir (AS) yang disebut sebagai orang yang memiliki pengetahuan lebih. Dalam kisahnya, Nabi Khidir membunuh seorang anak yang ternyata diakhir cerita dijelaskan alasannya. Kisah ini memiliki pesan moral yaitu diatas kita masih ada orang yang lebih mengetahui dari kita, itulah pengetahuan.

 

4) Dzulkarnain

Ini adalah kisah tentang Raja agung yang diberi pengetahuan dan kekuasaan dan berkeliling dunia, membantu orang-orang dan menyebarkan semua yang baik. Dia mampu mengatasi masalah Ya’juj dan Ma’juj dan membangun bendungan besar dengan bantuan orang-orang yang bahkan tidak dia mengerti. Kisah Raja penguasa Barat dan Timur yang dermawan ini memiliki pesan moral untuk berlaku adil dan tidak boleh buta akan kekuasaan yang dimiliki.

Itulah 4 Kisah yang menginspirasi dari surat Al Kahfi yang perlu kita ingat pesan moralnya. Semoga kita semua dilindungi Allah SWT dan diampuni dosa-dosa kita amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *