Ternyata Ini Beberapa Faktor yang Membuat Persib Bandung Harus Kalah Dari Persija Jakarta

Persija vs Persib - Bola Nusantara
source gambar : bolanusantara.com

Menjelang laga Big Match Bri Liga 1 2020-2021, tak sedikit para pengamat sepak bola Indonesia yang mengunggulkan Persib Bandung ketimbang Persija Jakarta. Hal itu bukan tanpa alasan, karena di 4 laga sebelumnya Persib Bandung berhasil menyapu bersih dengan menuai kemenangan.

Lain halnya dengan tim Macan Kemayoran yang mengalami hasil draw secara beruntun. Secara statisik, tentu saja Persib Bandung berada di atas Persija Jakarta. Namun statistik tidak bisa dijadikan patokan, karena terbukti Persib Bandung dikalahkan oleh Persija Jakarta dengan skor tipis 0-1.

Laga Big Match tersebut digelar di Stadion Manahan Solo pada Sabtu malam 20 November 2021 yang lalu. Kekalahan ini menjadi kekalahan perdana bagi Persib Bandung di BRI Liga 1 2021, berkat aksi Marco Simic di menit terakhir babak pertama.

Alhasil, Persib Bandung pun gagal merebut puncak klasemen dari tangan Bhayangkara FC. Atas kemenangannya, Persija Jakarta berhasil merangkak naik ke posisi 8 klasemen BRI Liga 1 2021 dengan raihan 18 poin.

Akan tetapi, sempat muncul kontroversi di menit awal babak pertama saat tendangan bebas dari Marc Klok terlihat telah melewati garis gawang yang dikawal Andritani. Namun, wasit memutuskan bahwa itu bukanlah sebuah gol.

Sebenarnya Persib Bandung cukup mendominasi pertandingan hingga menit ke-15. Hal itu terbukti, yang mana skuad Maung Bandung ini kerap kali mengancam lini pertahanan Persija Jakarta. Memasuki menit ke 18, justru Persija Jakarta mulai mengambil alih permainan dan banyak membuat serangan ke Persib Bandung.

Seakan seperti sudah terkena mental, pola permainan Persib Bandung benar-benar sangat kacau. Bahkan, lini pertahanan Persib Bandung mampu diobrak-abrik oleh seorang Rico Simanjuntak saja.

Adapun posisi klasemen Persib Bandung yang saat ini menduduki peringkat 2 dengan raihan 25 poin dari 13 pertandingan. Perihal kekalahan Persib Bandung atas Persija Jakarta, Supardi Nasir mengatakan bahwa kekalahan ini akan membuat para bobotoh kecewa berat.

Kendati demikian, Supardi tidak ingin berlama-lama dengan kekecewaannya dan berharap tim Pangeran Biru mampu bangkit kembali di pertandingan berikutnya. Terlebih kekalahan tersebut dapat dibalas di  musim kedua BRI Liga 1 Indonesia 2021.

“Tentunya kami sangat kecewa dengan hasil yang tidak kami harapkan, tapi misi kami belum selesai, masih punya pertemuan kedua nanti melawan Persija. Kami akan berusaha membalas kekalahan ini”, ujar Supardi Nasir.

Menyoroti Kontroversi di Laga Persib Bandung Vs Persija Jakarta

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa laga klasik antara Persib Bandung vs Persija Jakarta selalu dibumbui dengan drama. Hal itu pun terbukti di laga pekan ke 12 BRI Liga 1 Indonesia 2021 pada Sabtu malam 20 November 2021 yang lalu.

Kontroversi tersebut terjadi di menit awal babak pertama, dimana saat itu Persib Bandung mendapatkan hadiah tendangan bebas yang diekseskusi oleh Marc Klok. Pemain asal Belanda ini melepaskan tendangan melengkung ke sisi kanan gawang Andritani.

Jika dilihat dari tayangan ulang, sekilas bola hasil sepakan Marc Klok ini memang sudah melewati garis gawang. Namun sayang, wasit yang memimpin laga klasik ini tidak meniupkan pluit sehingga pertandingan terus berlanjut.

Kendati demikian, para punggawa Persib Bandung tidak ada yang melayangkan protes secara berlebihan karena proses kejadiannya berlangsung cepat. Disisi lain, banyak pihak khususnya dari manajemen Persib Bandung yang menyebutkan bahwa tendangan dari Marc Klok seharusnya menjadi gol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *